Kenangan kejayaan mala lalu sebagai salah satu faktor pendorong semangat masyarakat Indonesia untuk terus maju. Sekitar abad VIII M kebesaran nama Sriwijaya sudah dikenal juga sampai ke daerah luar, karena wilayah yang luas serta armada lautnya yang kuat Sriwijaya dikenal sebagai negara nasional I. Kerajaan ini juga berkembang pesat menjadi pusat agama Buddha, pusat perdagangan. Seiring dengan berkembangnya kerajaan Sriwijaya di Jawa Timur muncul juga kerajaan yang besar, berhasil menyatukan seluruh Nusantara bahkan wilayahnya lebih luas dari wilayah Indonesia sekarang ini, kerajaan itu adalah Majapahit.
Kebesaran nama kedua kerajaan tersebut bisa diraih tak lepas dari adanya persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa dapat membuat nama Sriwijaya dan Majapahit harum bahkan dikenang sepanjang masa. Kalau kita tengok sebentar penyebab kenapa Majapahit yang begitu besar runtuh, diawali adalah adanya perpecahan dari dalam tubuh kerajaan yaitu terjadinya perang paregreg. Kemudian berlanjut dengan bawahan-bawahan yang mulai memisahkan diri, yang akhirnya membuat kerajaan tersebut hancur berkeping-keping.
Bagaimana dengan kondisi bangsa kita di era sekarang ini? Saat ini bangsa Indonesia, masih mengalami krisis multidimensional yang menggoyang kehidupan kita sebagai bangsa sejak gerakan Reformasi bergulir tahun 1997, yang mengakibatkan runtuhnya pemerintah Orde Baru. Masalah utama dari krisis besar itu adalah ancaman disintegrasi bangsa, yang hingga saat ini, setelah pergantian pemerintahan dan pergantian presiden, ancaman disintegrasi bangsa masih belum mereda, seperti pergolakan di Aceh belum sepenuhnya berakhir, Papua Barat, ancaman RMS dan masih banyak yang lain, setelah tahun 1999 kita kehilangan propinsi Timur-Timor.
Mengingat disintegrasi bangsa atau disintegrasi nasional ini berkaitan langsung dengan
eksistensi kita, maka kita perlu memperkenalkan produk-produk sejarah Indonesia kepada generasi sekarang dan yang akan datang. Sehingga jangan sampai peristiwa buruk seperti disintegrasi yang terjadi pada waktu kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang membawa kehancuran kerajaan tersebut terjadi pada Indonesia sekarang ini.